RUANG UJIAN PENUH SAMPAH


Pada pagi hari ini, Kamis, 10 Maret 2010 kebetulan saya mengawasi PUN 3 di Ruang 13. Saya kebetulan bersama dengan seorang Ibu Guru yang benar-benar peduli terhadap kondisi kebersihan di dalam kelas.
Kelas ini memang luar biasa kotornya. Anda bisa melihat sendiri buktinya (foto juga termuat di halaman ini).
Ibu Guru meminta waktu HANYA SATU MENIT saja bagi siswa untuk menepikan sampah di bawah meja mereka ke tepi. Guru ini tidak hanya sekedar meminta tolong kepada siswanya saja, tetapi benar-benar menyelesaikannya sendiri dengan tangan beliau.

Ketika saya bertanya kepada Ibu Guru ini, "Kenapa Ibu pedulu sekali dengan kondisi kebersihan di kelas ini ?" Ternyata jawabannya mudah sekali, beliau tidak menginginkan siswanya nanti ada yang terkena Demam Berdarah.
Ruang yang kami tunggui ini adalah kelas VIII E, tumpukan sampahnya sudah cukup banyak. Kami heran saja, bagaimana mereka bisa belajar dengan baik kalau kondisi kelasnya penuh dengan sampah.
Semua yang kami laporkan ini terjadi pada pukul 08.00 pagi ketika siswa masih mengerjakan PUN 3 IPA Kota Semarang.

Inilah koleksi sampah di kelas ini. Koq bisa ya ? Berarti sampah sejumlah ini pasti sudah terakumulasi berhari-hari.

Lantas, apakah tidak ada regu piket yang bekerja ?
Mungkin ini merupakan salah satu pekerjaan rumah bagi team STP2K untuk mendisiplinkan anak sehingga mereka lebih bisa menjaga kebersihan di lingkungan kelas mereka.

Wali Kelas juga mempunyai peranan yang sangat besar untuk memotivasi siswanya untuk menjaga kebersihan di lingkungan kelas.

0 Response to "RUANG UJIAN PENUH SAMPAH"

Posting Komentar