TAMBAHAN MATERI KELAS 7 EFGH PERSIAPAN PTS SEMESTER I 2018-2019


CATATAN TAMBAHAN IPA UNTUK KELAS 7 EFGH SEMESTER I 2018-2019
MAKHLUK HIDUP MEMERLUKAN MAKAN
Hewan dan manusia memperoleh makanan dari lingkungan sekitarnya, termasuk memanfaatkan tumbuhan dan hewan lain.
Manusia yang sedang dalam keadaan sehat, tentu saja tidak mengalami kesulitan manakala mereka mau makan. Tetapi hal ini berbeda dengan orang yang sedang sakit yang tentu saja tidak mempunyai selera makan. Padahal sel tubuh membutuhkan zat makanan. Dunia kedokteran / farmasi terus berkembang sehingga untuk mengatasi masalah ini, pasien yang dirawat di rumah sakit, untuk  kebutuhan makanannya dibantu dengan pemberian infus. Infus itu adalah cairan yang didalamnya mengandung zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh. Cairan infus itu akan diedarkan oleh darah.
Tumbuhan mampu membuat makanannya melalui peristiwa FOTOSINTESIS.

MAKHLUK HIDUP MELAKUKAN GERAK
Hewan dan manusia mampu melakukan gerak aktif yaitu gerak yang  berpindah tempat karena mempunyai alat gerak, misalnya : kaki, sayap, sirip.
Sedangkan tumbuhan melakukan gerak pasif yaitu gerakan yang tidak bisa berpindah tempat. Contohnya adalah gerak tumbuhan kea rah cahaya, gerak tumbuhan putri malu yang mengatupkan daunnya ketika disentuh.
ISTILAH-ISTILAH LAIN DARI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
Membutuhkan makan = Nutrisi
Bernapas = Respirasi
Berkembangbiak = Reproduksi
Peka Terhadap rangsang = iritabilita
MAKHLUK HIDUP BERNAPAS
Tujuan manusia bernapas / respirasi adalah untuk memperoleh energi yang terkandung pada bahan makanan yang dimakan oleh manusia. Energi kimia yang terkandung pada zat makanan itu akan dibebaskan melalui peristiwa respirasi / pernapasan.
Uraian terjadinya pernapasan adalah sebagai  berikut :
Glukosa yang terdapat pada makanan yang dibawa oleh darah akan bereaksi dengan oksigen di dalam sel dan menghasilkan CO2 (karbon dioksida), H2O (uap air) dan Energi / tenaga.
Karbon dioksida dan uap air akan dikeluarkan bersama dengan udara pernapasan yang keluar melalui hidung. Energi / tenaga dipergunakan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.
MAKHLUK HIDUP MEMPERLIHATKAN PERKEMBANGAN
Perkembangan adalah sebuah proses kehidupan pada manusia dimana mereka sudah mengalami perkembangan jiwa. Manusia dikatakan sudah memperlihatkan perkembangan bila dia sudah memperlihatkan ciri-ciri kedewasaan. Pada manusia, ciri-ciri kedewasaan diperlihatkan dengan sudah terjadinya menstruasi pada wanita. Pada pria dicirikan dengan sudah tumbuhnya kumis, jakun.
Sedangkan pada tumbuhan, sudah dikatakan dewasa bila dia sudah membentuk bunga, buah dan biji.